Do’a belajar Alqur’an

Saudaraku….

Tetapkan niat anda untuk belajar Alqur’an !  Bila anda telah menyempatkan waktu, menemukan guru, memilih metode dan banyak berlatih… peluang keberhasilan telah ada di depan mata. Selanjutnya tinggal menyandarkan usaha kepada Allah SWT.  Banyak-banyaklah berdo’a untuk keberhasilan belajar anda.

Diantara do’a yang bisa dibaca, adalah do’a-do’a berikut. Pastikan adab berdo’a telah terpenuhi, lengkapi bacaan do’amu dengan bait-bait do’a berikut.

Ya Allah, rahmatilah kami dengan Alqur’an. Jadikanlah ia pemimpin, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah, ingatkanlah apa-apa yang kami lupa dari Alqur’an, dan ajarkanlah apa yang belum kami ketahui darinya. Berilah kami kekuatan untuk terus membacanya sepanjang malam dan sepanjang hari. Jadikanlah Alqur’an sebagai penyelamat kami dan janganlah Engkau jadikan ia bumerang bagi kami (yang menyeret kami ke neraka), dengan rahmat-Mu, Ya Allah….


Ya Allah, sesungguhnya kami adalah hamba-hamba-Mu, putera dari hamba-hamba-Mu yang laki-laki dan perempuan. Ubun-ubun kami berada dalam genggaman-Mu (kami berada dalam genggaman-Mu), hukum-Mu berlaku atas kami, taqdir-Mu berjalan adil kepada kami, kami mohon kepada-Mu dengan setiap nama-Mu yang Engkau berikan kepada diri-Mu, nama yang Engkau turunkan dalam kitab-Mu atau nama yang hanya Engkau yang mengetahuinya dalam ilmu ghoib di sisi-Mu, jadikanlah Alqur’an sebagai penyubur hati kami, penghapus kesedihan kami, cahaya jiwa kami dan penghilang gundah gulana kami. Jadikanlah kami termasuk orang-orang yang mencintai Alqur’an yang mereka adalah keluarga-Mu dan orang-orang pilihan-Mu, Ya Allah….


Ya Allah… jadikanlah kami orang-orang yang membaca Alqur’an kemudian meningkat (kehidupan kami) dan janganlah Engkau jadikan kami orang-orang yang membaca Alqur’an namun kami menderita…. Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang menghalalkan apa-apa yang dihalalkan Alqur’an, mengharamkan apa-apa yang diharamkan Alqur’an, mengerjakan ayat-ayat yang tersurat dalam Alqur’an, beriman kepada apa yang tersirat di dalamnya dan membaca dengan bacaan yang sesungguh-sungguhnya. Jadikan kami golongan orang-orang yang menegakkan hukum-hukum Alqur’an dan jangan jadikan kami termasuk orang-orang yang menyia-nyiakan huruf-hurufnya serta hukum-hukumnya.


Ya Allah, jadikanlah kami, anak-anak dan keluarga kami sebagai penghafal Alqur’an. Masukkan kami ke dalam golongan orang-orang yang dapat mengambil manfaat di dalamnya, termasuk orang-orang yang dapat mengambil kelezatan mendengarkan kalam-kalamnya. Anugerahkanlah kepada kami istiqomah dan kesabaran di dalam membacanya, menghafalnya serta mempelajarinya…

Saudaraku…

Bila masih kesulitan membaca teks arabnya, tak mengapa membaca terjemahan di bawahnya. Allah Mahatahu segala bahasa makhluk-makhluk-Nya.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan hidayah ilmu dan amal kepada anda.

Sumber: Bina Al Qur’an

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s