Tahapan Belajar Alqur’an

Saudaraku….

Saya inign menceritakan tahapan belajar Alqur’an, yang apabila pelajar menginginkan hasil terbaik dalam belajar, maka penahapan ini harus dilalui dengan baik. Tahapan belajar Alqur’an ada tiga, yaitu:

Tahap pertama : Belajar Tilawah (membaca)

Tujuan tahapan ini adalah mempersiapkan siswa agar dapat membaca Alqur’an dengan lancar. Materi yang akan diperoleh di tahapan ini adalah materi dasar meliputi pengenalan dan penguasaan huruf arab beserta makhrojnya, bacaan panjang/pendek, praktek sifat-sifat huruf (seperti qolqolah dan hams), bacaan dengung, pengenalan tanda waqof dan praktek pembacaan ayat-ayat pendek.

Banyak metode yang dapat digunakan di tahap ini. Metode IQRO’ misalnya, sangat baik digunakan, karena metode ini menyajikan pelajaran yang sistematis dengan latihan yang cukup memadai.

Dalam tahap ini, siswa tidak harus mempunyai waktu yang banyak. Kunci sukses di tahap ini adalah tidak malas untuk latihan sebanyak-banyaknya dengan bimbingan guru yang menguasai teknik pengajaran secara baik.

Apabila siswa dapat mengalokasikan waktu satu jam setiap hari untuk belajar, insya Allah dalam tiga bulan sudah dapat membaca Alqur’an dengan lancar.

Tahap kedua : Tahsin (membaguskan bacaan)

Tujuan tahapan ini adalah mempersiapkan siswa agar dapat memahami ilmu tajwid dan prakteknya secara baik. Di tahapan ini, siswa akan mendapatkan materi teori ilmu tajwid dan dibimbing untuk mempraktekkannya dengan sebenar-benarnya. Keberhasilan penguasaan praktek membaca Alqur’an dengan bertajwid lebih diperioritaskan daripada sekedar penguasaan teori. Siswa yang lulus tahapan ini, adalah siswa yang menguasai teori ilmu tajwid dan prakteknya sekaligus.

Tahapan ini adalah tahapan lanjutan dari tahapan belajar tilawah. Kemampuan membaca Alqur’an yang telah diperoleh di tahapan belajar tilawah akan semakin baik dan berkualitas dengan pengetahuan dan praktek ilmu tajwid. Tahapan ini sangat penting dan harus diikuti oleh siswa yang berkeinginan kuat untuk menghafal Alqur’an.

Tahap ketiga: : Tahfidh (menjaga/menghafal)

Tahapan ini adalah tahapan bimbingan agar siswa dapat menghafal Alqur’an. Siswa yang dapat mengikuti tahap ini adalah siswa yang telah lulus tahap tahsin. Bila siswa belum lulus program tahsin namun telah mengikuti program ini, maka dikhawatirkan hafalannya akan keliru dan sia-sia.

Siswa yang mengikuti program ini, harus memiliki waktu yang cukup, sesuai kadar hafalannya. Semakin banyak hafalan yang dimiliki, semakin banyak waktu yang dibutuhkan untuk sukses di tahap ini. Kegiatan utama yang dilakukan di tahapan ini adalah menghafal Alqur’an dan mengulang-ulang hafalan secara  terus-menerus.

Saudaraku…

Saya berdoa agar anda diberikan hidayah oleh Allah SWT untuk belajar hingga tuntas. Jangan setengah-setengah. Bila anda menginginkan hasil yang berkualitas, anda harus melalui tiga tahapan belajar tersebut di atas. Jangan mencukupkan diri hanya sampai di tahap belajar tilawah saja, namun harus sampai mengerti ilmu tajwid atau bahkan menghafal Alqur’an.

Saudaraku…

Mari beriman, sempatkan waktu untuk belajar Alqur’an, mengamalkan dan mendakwahkannya.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan hidayah ilmu dan amal kepada kita semua.

Sumber: Bina Al Qur’an

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s