Apakah TAJWID itu ?

Saudaraku…

Devinisi  asal dari kata TAJWID adalah ‘membaguskan’.

Ada kalimat : Membaca Alqur’an wajib/harus mempraktekkan tajwidTajwid dalam dalam kalimat ini berarti : mengeluarkan setiap huruf dari tempat keluarnya dengan memberikan hak dan mustahaknya.

Yang dimaksud dengan hak huruf adalah sifat asli yang selalu muncul bersama huruf tersebut, seperti: jahr, isti’la, istifal, qolqolah dan lain sebagainya. Sedangkan yang dimaksud dengan mustahak huruf adalah sifat yang tampak sewaktu-waktu, seperti tafkhim, tarqiq, ikhfa’ dan sebagainya.

Tajwid sebagai sebuah disiplin ilmu adalah ilmu yang membahas tentang cara-cara mpembaca Alqur’an yang apabila cara-cara tersebut dipraktekkan, maka akan dihasilkan bacaan Alqur’an yang sesuai dengan bacaan aslinya sebagaimana Alqur’an pertama kali diturunkan. Ilmu tajwid dibuat untuk melindungi keaslian Alqur’an dari sisi pembacaannya. Oleh karena itu, ilmu tajwid menentukan standarisasi makhroj (tempat keluar) huruf supaya keaslian bunyinya tetap terjaga dan tidak  tercampur dialek lainnya. Selain itu, ilmu tajwid juga menentukan standarisasi mad (bacaan panjang), standarisasi suara dengung, standarisasi penebalan dan penipisan suara huruf tertentu, cara waqof dan lain sebagainya.

Sumber: Bina Al Qur’an

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s