Jihad Ekonomi

Eramuslim.com – Suatu siang, seorang CEO sebuah publishing di Jakarta bercerita tentang masa remajanya di kampung halamannya di Pekalongan, Jawa Tengah.

Sejak dulu banyak warga Arab di Pekalongan. Usaha yang banyak mereka tekuni adalah bidang furniture. Continue reading

Advertisements

Alhamdulilah; Belajar Menghafal Al Qur’an

FAUZAN 1

Alhamdulillah;
KABAR GEMBIRA DARI Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah :
👑 Ananda Fauzan Berhasil menghafalkan beberapa surat pendek dalam Juz 30
👑🌸👑🌸👑🌸👑🌸👑🌸
“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan AlQuran untuk (menjadi) pelajaran, maka adakah orang yang (mau) mengambil pelajaran? [AlQomar/54:17]
اللهم ارحمنا بالقران …..
Profil Santri Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah :
👑 Ananda Fauzan
Asal : Kota Depok
📚 Kelas 5 SDN Beji Timur Depok
💎Usia : 10 Tahun

🎓Telah menyelesaikan Setoran hafalan ALQURAN Surat pendek pada Juz 30; diantaranya surat Al Fatihah, An-Naas hingga surat Al Quraisy;
Di Musholla/Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah
📚🏆📚🏆📚🏆📚🏆📚🏆
“Barang siapa mempelajari Al Quran pada usia dini, maka Allah akan mencampurkannya dalam daging dan darahnya” (H.R Bukhari)

Semoga santri yang lain dapat mengikuti bahkan melebihi jejak para penghafal Al-Qur’an lainnya; tetap istiqomah dalam membaca, menghafal dan mencintai serta mengamalkan Al-Qur’an.

Semoga menginspirasi…

#BahagiaBersamaAlQuran
#maghribmengaji
#khatamanalquran
#ApapunProfesinyaAkuHafizhAlQuran
#stangklemengaji
#latepost

Alhamdulillah; Khataman Al-Qur’an

DimasAlhamdulillah;
KABAR GEMBIRA DARI Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah :
Dimas Khatam 30 Juz AlQuran}
👑🌸👑🌸👑🌸👑🌸👑🌸
“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan AlQuran untuk (menjadi) pelajaran, maka adakah orang yang (mau) mengambil pelajaran? [AlQomar/54:17]
اللهم ارحمنا بالقران …..
Alhamdulillah, Santri Dari Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah :
👑 Ananda Dimas
Asal : Kota Depok
📚 Kelas 6 SDN Beji Timur Depok
💎Usia : 11 Tahun

🎓Telah menyelesaikan Setoran bacaan ALQURAN 30 Juz Di Musholla/Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah
📚🏆📚🏆📚🏆📚🏆📚🏆
“Barang siapa mempelajari Al Quran pada usia dini, maka Allah akan mencampurkannya dalam daging dan darahnya” (H.R Bukhari)

Semoga santri yang lain dapat mengikuti bahkan melebihi jejak para pengkhatam Al-Qur’an lainnya; tetap istiqomah dalam membaca dan mencintai serta mengamalkan Al-Qur’an.

Walaupun sebenarnya ananda Dimas bukan yang pertama; kalau dihitung dari dimulainya pengajian di Majelis Taklim As-Sa’adatul ‘Ummah; karena sebelumnya sudah ada beberapa santri yang dewasa yang terlebih dahulu mengkhatamkannya; Namun karena pendataan awal difokuskan mulai ditahun 2017 ini; maka kami akan laporkan peningkatan tingkat mulai dari khataman Al-Qur’an; Khataman Juz 30; Naik Jilid I ke Jilid II dan hafalan surat pendek; dll. Agar semakin termotivasi dan bertambah semangat para santri dalam mencintai Al-Qur’an.
#BahagiaBersamaAlQuran
#maghribmengaji
#khatamanalquran
#ApapunProfesinyaAkuHafizhAlQuran
#stangklemengaji
#latepost

 

Hukum Tajwid Ghunnah

Salam pembaca budiman yang dirahmati Allah; Kini kita ketengahkan tentang video bacaan ghunnah dengan belajar hukum ghunnah; yakni Idghom Bighunnah dan Idghom Bilaghunnah. Dimana pada Idghom Bighunnah pada huruf Mim, Nun, Wawu dan Ya harus dibaca dengan tahan dan dengung (ghunnah) apabila bertemu dengan huruf nun mati atau tanwin (fathatain, kasrotain, dan dhomatain). maka cara dibacannya adalah ghunnah.  Continue reading

SURAT AL FATIHAH DAN KESALAHAN MEMBACANYA

Pembaca budiman yang di cintai Allah SWT; kini kita akan belajar tentang 3 Kesalahan dalam membaca Surat Al Fatihah; Dimana surat Al Fatihah merupakan rukun dalam kita mengerjakan sholat; berarti tidak sempurna dan salahnya kita dalam membaca Surat Al Fatihah; dapat mempengaruhi kualitas sholat kita; Apa saja tiga kesalahan yang paling sering dilakukan dalam membaca Surat Al Fatihah tersebut; Mari kita simak:

  1. Memanjangkan Du; pada kalimat Iyya kanabuduu.. sebaiknya Iyyakana’ budu
  2. Mengucapkan huruf shod dengan membulatkan bibir; pada kalimat Ihdinashirotol Mustaqiim; Sebaiknya justru tidak dengan membulatkan bibir.
  3. Membaca Lam Bertasydid; pada kalimat Waladhdholllin; ditahan lama; padahal seharusnya insya Allah tak perlu ditahan lama tetapi hanya digandakan saja huruf lam tersebut.

Demikian;  Semoga kita dapat menghindari kesalahan membaca pada surat Al Fatihah. Dan mempelajari juga melalui video di atas dengan baik; Dan semoga kita semua senantiasa diberikan kebaikan oleh Allah dalam mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Insya Allah.

Surat Al Ikhlas dan Kesalahan Membacanya

Pembaca budiman; dalam video kali ini kita akan Tiga ( 3 ) Kesalahan yang paling sering dilakukan dalam membaca Surat Al Ikhlas; yakni :

  1. Pada huruf Qof pada kalimat Qul; menjadi huruf Kaf; (Kul). Hingga dapat merubah arti. dari Katakanlah menjadi makanlah
  2. Pada kalimat Allah (Lafhul jalalah) menambahkan huruf wawu pada kalimat Allah
  3. Pada huruf kaf; di ayat Walam yakunlahu… menjadi huruf qof; seperti walam yaqunlahu.

Demikian;  Semoga kita dapat menghindari kesalahan membaca pada surat Al Ikhlas. Dan senantiasa diberikan kebaikan oleh Allah dalam mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Insya Allah.

Belajar Kitab Fiqih

Salam pembaca budiman; hari ini kami ketengahkan kitab fiqih milik ulama yang sangat dikenal pada masanya dan hingga kini karyanya masih terus dipelajari disekolah-sekolah, majelis-majelis, maupun pesantren-pesantren di seluruh tanah air, yakni Kitab Al-Ghayah wa At-Taqrib kitab Fiqih Ringkas karya Al-Qadhi Abu Syuja  semoga dirahmati Allah SWTatau yang lebih dikenal sebagai Matan Abu Syuja adalah kitab fikih ringkas milik mazhab Syafi’i semoga dirahmati Allah SWT. yang merupakan salah satu kitab terpenting dan umum dalam mengenali mazhab Syafi’i .

DOWLOAD KITAB DISINI Continue reading