Santunan Yatim RT.02/16

Kp. Stangkle Depok — “Aku dan pemelihara anak yatim, akan berada di surga kelak,” sabda Nabi Muhammad SAW, sambil mengisyaratkan dan mensejajarkan kedua jari tengah dan telunjuknya dalam hadis yang diriwayatkan Bukhari. Dari hadis tersebut, Nabi Muhammad SAW, memiliki perhatian yang sangat besar kepada yatim piatu.

Selaras dengan apa yang telah disabdakan oleh Nabi SAW, Warga Kp. Stangkle, wabil khusus warga RT.02/16 bersama para donatur, Majelis Ta’lim Assaadatul Ummah dan sesepuh kampung Stangkle menggelar acara bertajuk “Santunan Yatim Warga RT.02/16,” di Halaman Mushollah Assaadatul Ummah atau tepatnya di Lapangan Haji Nalim Almarhum. Kampung Stangkle Depok, Sabtu (12/10). Acara santunan ini  merupakan salah satu program tahunan warga RT.02/16, di mana semua dananya berasal dari infaq dan sedekah juga para donatur warga RT.02/16 maupun dari masyarakat umum.

“Donasi yang diberikan khusus untuk malam ini totalnya Rp. 27 juta, dengan rincian keseluruhannya diperuntukkan untuk anak yatim sekitar 10 anak yatim, dan diberikan juga kepada mereka Tas Sekolah, Alat Tulis Sekolah, dan Paket Sembako. Dari santunan itu, masing-masing anak mendapatkan amplop berupa uang, yang besarnya di rahasiakan panitia,” terang Ketua PKK RT.02/16, Ibu Ira.

Bapak Ustadz Minan Adi selaku Ketua DKM Mushollah Assaadatul Ummah dan Ketua RT.02/16 mengungkapkan kebahagiaannya, lantaran kegiatan telah digagas lama dan terus berksesinambungan di setiap tahunnya. “Harapan ke depannya, kalau ingin menghidup[kan dan menafkahi yatim di lingkungan kita, semoga kegiatan harian para yatim dapat kita laksanakan dengan kerjasama semua pihak dan yang jelas acara ini bermanfaat sekali bagi anak-anak yatim di lingkungan RT.02/16, kalau bukan kita yang peduli, siapa lagi,” ungkapnya, saat ditemui di sela-sela acara tersebut.

Acara ini adalah bagian dari program kerjasama Warga RT.02/16 dan Majelis Taklim Assaadatul Ummah baik Ibu -Ibu maupun anak-anak. Acara tersebut  merupakan salah satu langkah program pemberdayaan atau donasi zakat, infaq dan sedekah yang terhimpun dari para warga RT.02/16. “Kami harap ke depannya kerjasama ini terus terjalin. Anak- anak majelis taklim Assaadatul Ummah menjadi pengisi acara mulai dari MC atau pembawa acara oleh Kak Rafan dan Kak Hafizh, Juga Bang Fauzan yang menjadi pembaca Tilawah Al Qur’an dengan membacakan Surat Ar-Rohman, lalu pentas seni membawakan lagu Nussa -Bulan Hijriyah oleh para santri Majelis taklim Assaadatul Ummah, juga mengumandangkan Lantunan Ayat Suci Al Qur’an yakni surat Asy Syams. tutup Mansur, selaku Penanggung Jawab Acara Santunan Yatim Warga RT.02/16.

Kegiatan ini juga diisi oleh siraman rohani, yakni ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Ali Syahbana, yang membahas tentang zakat, infak dan sedekah. Sebagaimana disampaikan oleh Ustadz, harta yang kita keluarkan ke anak yatim ini sejatinya seperti harta yang kita keluarkan kepada orang tua kita yang berarti infak atau nafkah sehari-hari mereka bukan hanya pada tahun atau bulan tertentu, maka keseharian anak yatim harus dipikirkan dan diberikan setiap harinya. berikut salah satu bait ceramah Ust. Ali Syahbana.

Terima kasih kami sampaikan kepada semua pihak yang turut berpartisipasi mendukung terlaksananya kegiatan Santunan Yatim RT.02/16, wabil khusus kepada para donatur, Bu Haji Sa’amah, Bapak Haji Nanang, Bapak Haji Muhasan, Bapak RW 16 Ust.Iskandar, Bapak Ust. Nawawi,  Santri dan Wali Santri Majelis Taklim Assaadatul Ummah, Ibu ibu  Majelis Taklim Assaadatul Ummah, Ibu ibu PKK RT.02/16, Bu Emi dan semua pengisi acara juga yang hadir menyemarakkan kegiatan ini, semoga Allah senantiasa menerima amal ibadah kita dan merestui juga meridhoi usaha kita.

 (Kp.Stangkle Majelis taklim Assaadatul Ummah /Mr)

#kajian #maghribmengaji #depokmengaji #indonesiamengaji #jabarmengaji #santunanyatim #anakyatim #rasulmenyuruhkita #yukngaji #ngajiyuk

Leave a comment